Saturday, March 3, 2012

Hal-hal yang tidak Anda ketahui tentang bayi baru lahir (Bagian II)

Menghabiskan waktu banyak
Sebelum persalinan, mungkin Anda membayangkan mengurus bayi kecil yang hanya sebesar boneka, tidak akan membutuhkan atau menghabiskan waktu yang banyak. Namun setelah si kecil hadir, ibu pun mulai kewalahan mengatur waktu untuk pekerjaan rumah tangga atau kebutuhan pribadinya. Tanpa terasa waktu Anda akan tersita untuk mengganti popok, menyusui, mencuci setumpuk pakaian si kecil, menggendongnya, dan aktivitas lain dengan bayi Anda. Mencari waktu luang di luar kesibukan dengan bayi seakan menjadi tantangan tersendiri yang harus Anda siasati. Hal ini sangatlah wajar dalam kehidupan Anda sebagai seorang orang tua baru, jadi tidak perlu merasa sedih, frustasi, ataupun bingung menghadapinya. 
Perlahan-lahan Anda akan dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan kebiasaan si kecil, sehingga Anda dapat mengatur waktu lebih efektif dan efisien. Bayangkanlah Anda memulai suatu pekerjaan baru penuh tantangan yang membutuhkan waktu dan usaha untuk beradaptasi dengan kondisi dan tuntutan kesibukan baru. Lama-kelamaan semua tugas-tugas tersebut akan terasa mudah sekali bagi Anda dan tidak memakan waktu seperti pada awalnya, misalnya penggantian popok yang tadinya membutuhkan waktu 10 menit, nantinya akan dengan mudah dan cepat dilakukan sambil berbincang-bincang di telepon.
Jatuh cinta membutuhkan waktunya masing-masing
Ketika ibu mengetahui kehamilannya, ada yang langsung merasa senang sekali dan bersemangat, bahkan sudah merasa mencintai janin yang masih sebesar bulir jagung. Namun ada pula yang masih biasa saja menghadapinya, dan baru merasakan jatuh cinta setelah janin mulai bergerak-gerak dan ibu merasakan kehadirannya secara nyata. Demikian pula dengan kehadiran seorang bayi yang baru lahir. Seorang ibu atau orang tua bisa saja langsung jatuh cinta begitu melihat bayinya pertama kali, namun tidak sedikit pula yang belum merasakan cinta setengah mati hanya sekedar sayang saja. Ibu tidak perlu khawatir atau berkecil hati jika belum jatuh cinta kepada bayinya, karena setiap orang dan pasangan akan membutuhkan waktunya masing-masing untuk membentuk ikatan cinta tersebut. Percayalah cinta Anda akan tumbuh dengan sendirinya dan tidak akan memakan waktu lama Anda tidak akan bisa lagi lepas dari si kecil. Satu tips praktis, cobalah untuk berada jauh dari bayi Anda beberapa jam atau 1 hari, Anda pasti sudah merindukannya setengah mati, dan cinta Anda pun akan makin besar kepadanya.

Bersambung...

No comments:

Post a Comment