Tuesday, March 6, 2012

Manfaat menggendong bayi


Menggendong bayi bukan hanya sekedar membawa bayi di pelukan ibu untuk menidurkan atau meredakan tangisnya saja. Menggendong bayi juga merupakan latihan membaca perilaku bayi, sebagai perlengkapan untuk pengasuhan penuh kasih yang memberi manfaat bagi orang tua dan bayi.

Bayi yang digendong tidak terlalu sering menangis
Penelitian dan observasi menunjukkan bahwa bayi yang digendong jarang menangis, kemungkinan besar karena gendongan memberikan pola gerakan-gerakan yang telah dikenal dan dinikmati bayi seperti di dalam rahim ibu. Menggendong sangatlah efektif untuk meredakan tangis si kecil yang sering rewel di malam hari. Bayi yang sedikit menangis panjang di malam hari, akan lebih menghemat energinya. Dengan digendong sambil berjalan-jalan, bayi akan menikmati udara segar, gerakan dan pemandangan di sekitarnya sehingga bayi pun lupa untuk rewel dan menangis.

Bayi yang digendong tumbuh lebih baik
Manfaat ini terlebih dirasakan pada bayi prematur atau bayi yang berat badannya sulit naik. Kedekatan dan gerakan terhadap orang tua/ pengasuh yang dikenalnya membantu bayi untuk tumbuh secara lebih optimal baik fisik, intelektual, maupun emosional.

Bayi yang digendong belajar lebih banyak
Di dalam gendongan orang tua/ pengasuh, bayi menghabiskan waktu dalam keadaan “waspada” yaitu keadaan saat bayi dalam posisi terbaik untuk mampu berinteraksi dan belajar dari orang dan aktivitas di sekitarnya.  Bayi menjadi terlibat secara langsung dalam dunia orang tua/ pengasuh ke manapun perginya dan melihat apapun yang Anda lihat. Dengan demikian bayi akan belajar lebih banyak daripada bayi yang hanya di tempat tidur dan melihat langit-langit kamar saja.

Bayi yang digendong berbicara lebih baik
Dengan digendong, bayi menjadi lebih dekat dengan penglihatan dan suara orang yang menggendongnya sehingga dapat lebih belajar bahasa tubuh dan ekspresi manusia. Bayi dilibatkan dalam percakapan dan memperhatikan cara berbicara orang yang menggendongnya. Dengan melihat mulut pembicara dari dekat, bayi belajar menirukan gerakan-gerakan mulut yang benar untuk membentuk pola pengucapan yang tepat.

Banyak orang yang berkeluh kesah ketika harus menggendong bayinya. Coba nikmatilah saat-saat ini selagi masih bisa. Waktu-waktu bayi di dalam pelukan dan gendongan Anda hanya sebentar dibandingkan keseluruhan masa hidupnya, namun ingatan akan sentuhan, kasih sayang, dan keberadaan Anda akan berlangsung sepanjang hidupnya.

No comments:

Post a Comment