Monday, March 5, 2012

Hal-hal yang tidak Anda ketahui tentang bayi baru lahir (Bagian III)

Menjadi orang tua yang berbeda dari bayangan Anda
Sebelum persalinan, pasti Anda sudah membayangkan banyak hal yang akan Anda terapkan dan lakukan dalam pengasuhan nantinya. Namun jangan terkejut bila nantinya Anda menjadi seorang orang tua yang berbeda dari apa yang Anda bayangkan sebelumnya. Pengasuhan dan proses menjadi orang tua memang penuh dengan pelajaran-pelajaran dan pengalaman baru, yang terpenting adalah keterbukaan hati Anda untuk menerima segala perubahan yang mungkin terjadi walaupun itu harus mengubah prinsip yang telah Anda terapkan sebelumnya.
Misalnya sebelumnya Anda tidak menyukai anak kecil dan sudah berpikir akan menitipkan anak ke neneknya, namun begitu bayi Anda lahir, Anda langsung berubah menjadi jatuh cinta setengah mati, tidak bisa jauh darinya, bahkan rela meninggalkan pekerjaan demi tetap bisa mengasuh si kecil sendiri.
Sebelum memiliki anak sendiri, mungkin Anda jijik membayangkan seorang ibu yang membersihkan ingus anaknya dengan tangan ibu atau jijik ketika melihat ibu membersihkan popok si kecil yang terkena buang air besar bayi. Namun setelah memiliki bayi sendiri, mungkin Anda akan menjadi salah satu ibu yang melakukannya tanpa jijik sama sekali.
Sebelum kelahiran si kecil, mungkin Anda tidak begitu memperdulikan kebersihan tangan, maupun kamar, namun begitu ada bayi kecil di rumah Anda mulai lebih ketat tentang kebersihan diri dan rumah, termasuk orang-orang lain di sekitar bayi Anda.
Intinya adalah setiap pasangan ibu/ orang tua dan bayi selalu memiliki pola pengasuhannya masing-masing. Anda tidak perlu merasa ragu untuk mengubah prinsip atau cara yang sebelumnya telah Anda rencanakan sebelum persalinan, jika memang Anda merasa cara lain lebih cocok digunakan untuk pengasuhan bayi Anda selama itu baik untuk bayi dan Anda.

No comments:

Post a Comment