Wednesday, March 7, 2012

Meningkatkan tidur lelap bayi di malam hari


Bayi yang baru lahir memang belum terorganisasi jadwalnya, ia akan makan dan tidur sesuka hatinya menurut kebutuhannya. Sistem fisiologis bayi yang tidak teratur ini akan berlangsung dalam periode 24 jam. Bayi yang “diatur” selama siang hari akan membantunya menjadi lebih terorganisasi dengan baik pada malam harinya.

Beri makan sesuai isyarat
Bayi yang sering minta menyusu pada siang hari akan lebih kenyang sehingga tidur malamnya pun lebih baik. Bayi dengan jadwal terlalu ketat di siang hari lebih cenderung menjadi tukang tidur di siang hari dan tukang makan di malam hari.

Gendong bayi pada siang hari
Gunakan alat penggendong bayi yang nyaman dan gendonglah bayi sesering mungkin pada siang hari. Kedekatan akan meningkatkan frekuensi makan bayi, keakraban akan meningkatkan ketenangan, dan bayi yang tenng di siang hari akan cenderung lebih tenang di malam hari. Bayi yang sering digendong dan berada dalam lingkungan yang penuh perhatian serta responsif, belajar tentang kepercayaan dan ketenangan. Dengan demikian bayi yang tidak rewel di siang hari juga akan tidak rewel di malam hari karena tersampaikan pesan “tak perlu rewel, baik siang maupun malam”.

Dengan adanya interaksi yang tinggi selama Anda memberi makan dan menggendong bayi, Anda menjadi lebih peka dan lebih mengenal bayi secara intuitif. Pengasuhan di awal-awal kehidupan bayi merupakan kelanjutan bagi pengasuhan penuh kasih di dalam rahim ibu. Dengan pengenalan yang lebih mendalam, ibu akan lebih memahami pula kebutuhan dan temperamen bayi di malam hari, sehingga dapat menyesuaikan dengan perkembangan bayi, kebutuhannya, dan perubahan situasi di dalam keluarga.

No comments:

Post a Comment