Friday, December 16, 2011

7 keuntungan berolahraga selama kehamilan


Apakah berolahraga selama hamil terdengar melelahkan? Coba lihat dulu manfaatnya, Anda mungkin akan menyukainya.
 1. Meningkatkan stamina
Kehamilan dapat menguras tenaga Anda, tetapi latihan atau olahraga rutin akan membantu Anda melalui kegiatan sehari-hari dengan lebih semangat. Olahraga rutin dapat memperkuat sistem peredaran darah sehingga Anda tidak ccepat lelah. Selain itu, dengan otot yang lebih kuat dan terlatih, Anda akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti berbelanja ataupun duduk selama meeting di kantor.
2. Tidur lebih nyenyak
Ibu hamil membawa 7 kg atau lebih beban di depan perutnya, sehingga menemukan posisi tidur yang nyaman merupakan suatu tantangan baginya. Tetapi latihan atau olahraga rutin dapat menguras energi Anda yang tersisa, membuat Anda lelah, sehingga tidur Anda pun lebih nyenyak. Berilah jeda beberapa jam antara latihan dan waktu tidur Anda, sehingga tubuh memiliki waktu untuk mengembalikan kondisi seperti semula.

3. Mengurangi nyeri/ pegal
Secara umum, olahraga teratur dapat meregangkan dan memperkuat otot Anda, sehingga tubuh pun lebih dapat menghadapi nyeri dan pegal yang terjadi selama kehamilan. Berjalan kaki dapat meningkatkan sistem sirkulasi darah, berenang dapat memperkuat otot perut, sedangkan peregangan otot dapat meringankan nyeri punggung. 

4. Persiapan menghadapi kelahiran
Tentu saja dengan tubuh yang lebih fit, Anda akan lebih kuat menghadapi persalinan nantinya. Proses melahirkan serupa dengan lari maraton yang membutuhkan stamina, konsistensi, dan fokus pada tujuan.

5. Mengurangi stres dan meningkatkan semangat
Memiliki seorang anak merupakan tahapan yang sangat menantang dalam hidup, peristiwa yang dapat membuat Anda merasa tegang berlebihan, khawatir, atau gelisah. Salah satu penelitian membuktikan bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan produksi hormon serotonin yang dapat meningkatkan semangat dan memperbaiki suasana hati Anda.

6. Meningkatkan percaya diri
Anda mungkin merasa sedikit frustasi dengan jarum timbangan yang bergerak jauh ke kanan. Dengan olahraga teratur, akan membuat Anda merasa lebih baik dan membantu Anda mencapai berat badan tambahan yang ideal.
7. Mengembalikan bentuk tubuh lebih cepat
Mungkin ini adalah motivasi terbesar bagi wanita hamil untuk berolahraga teratur. Bila Anda menjaga stamina dan kekuatan otot selama hamil, maka setelah melahirkan pun Anda akan lebih mudah untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula.

Jadi bagaimana? Anda sudah memutuskan untuk berolahraga rutin? Ayo mulailah dari sekarang!

No comments:

Post a Comment