Sunday, December 25, 2011

Gerakan janin (bagian I)


Salah satu saat yang paling dinanti-nantikan ibu hamil adalah ketika merasakan gerakan janin pertama kalinya, apalagi jika kali ini adalah kehamilan pertama. Gerakan bayi yang dapat dirasakan ibu menjadi tanda bahwa bayi sedang berkembang dengan baik dan membantu ibu merasa semakin dekat dengan kehidupan kecil di dalam kandungannya.

A-C usia kehamilan 22 minggu, D-F usia kehamilan 30 minggu (AJNR 2011 32: 331-338)
 
Pada kehamilan pertama seorang wanita dapat merasakan gerakan janinnya pada usia kehamilan 16-25 minggu. Sedangkan pada kehamilan kedua biasanya ibu dapat merasakan gerakan bayi lebih cepat pada usia sekitar 13 minggu. Ibu dapat merasakan gerakannya lebih jelas ketika berada dalam posisi diam dan tenang, baik berbaring maupun duduk.

Ada ibu hamil yang menggambarkan gerakan janin seperti kupu-kupu yang beterbangan di dalam perutnya, serasa isi perut berputar, gelembung-gelembung gas bermunculan dan bergerak di dalam perut. Pada awalnya mungkin Anda sulit membedakan antara gerakan bayi dengan gerakan gelembung gas, bunyi kelaparan, atau gerakan saluran pencernaan lainnya. Namun pada usia kehamilan lebih lanjut, ibu pasti dapat membedakan gerakannya, bahkan merasakan tendangan, tinjuan, atau sikutan yang cukup kuat.
Pada awal kehamilan, mungkin Anda hanya akan merasakan gerakan berputar beberapa kali saja dalam sehari. Namun pada akhir trimester pertama, gerakannya sudah lebih terasa kuat dan frekuensinya pun meningkat. Pada trimester ketiga, penelitian menunjukkan bahwa bayi dapat bergerak sebanyak 30 kali dalam 1 jam.

No comments:

Post a Comment