Monday, December 26, 2011

Gerakan janin (bagian II)



Bayi cenderung bergerak lebih sering pada waktu-waktu tertentu, ketika sudah bisa membedakan antara waktu bangun dan tidur. Gerakan paling aktif biasanya terjadi antara jam 9 malam hingg jam 1 dini hari, ketika ibu sedang berusaha untuk tertidur. Peningkatan aktivitas ini dipengaruhi juga oleh turunnya kadar gula dalam darah setelah melewati waktu makan malam. Bayi dalam kandungan juga sudah dapat menanggapi suara atau sentuhan, sehingga bisa saja ia menendang pasangan Anda ketika tidur menempel pada perut Anda.

Ketika gerakan janin sudah cukup jelas bagi ibu (sekitar usia 28 minggu), dokter biasanya akan memantau pergerkannya ketika ibu memeriksakan kandungannya. Walaupun belum ada bukti ilmiah bahwa pergerakan bayi merupakan tanda perkembangan yang baik, namun gerakan janin bisa menjadi salah satu parameter untuk memastikan bayi Anda baik-baik saja. Pilihlah suatu waktu ketika bayi Anda paling aktif (biasanya sesaat setelah ibu makan), carilah posisi yang nyaman (duduk ataupun berbaring miring), dan hitunglah gerakannya selama beberapa saat. Dengan mengulanginya pada waktu yang sama di hari berikutnya, Anda pun dapat memonitor perkembangan gerakan janin. Sekolah Tinggi di bidang Kandungan dan Kehamilan merekomendasikan minimal 10 kali gerakan dalam 2 jam sebagai tanda bahwa bayi Anda dalam keadaan sehat. Jika bayi Anda bergerak kurang dari 10 kali, coba lagi pada hari berikutnya. Jika masih belum mencapai minimal 10 gerakan, atau Anda merasa bayi jauh lebih pasif daripada biasanya, segeralah hubungi dokter atau ahli kandungan Anda. Dokter biasanya akan memeriksa detak jantung bayi dan gerakannya untuk memastikan kondisinya.

Jika usia kehamilan ibu belum mencapai 25 minggu dan masih belum dapat merasakan gerakan janin, atau jika ibu belum dapat membedakan gerakan janin yang sesungguhnya, Anda tak perlu khawatir. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi, Anda akan dapat merasakannya. Walaupun beberapa bayi memang ada yang lebih jarang dan lebih sedikit bergerak dibandingkan yang lainnya.  Kurangnya gerakan juga dapat diindikasikan bahwa bayi Anda sedang tidur. Bahkan setelah usia 32 minggu, bayi akan bergerak lebih jarang karena ia sudah semakin bertumbuh besar dan ruang gerak di dalam rahim pun menjadi semakin sempit.

Berikut adalah garis besar gerakan janin sesuai usia kehamilan:
Minggu ke 12: Bayi Anda seharusnya sudah mulai bergerak, namun Anda belum dapat merasakannya karena panjang bayi masih hanya sekitar 6-7 cm.
Minggu ke 16: Sebagian wanita hamil sudah mulai merasakan gerakan janinnya seperti kupu-kupu yang beterbangan, seperti gas di dalam perut, atau sudah dapat benar-benar merasakan gerakan bayi.
Minggu ke 20: Pada saat ini, Anda mungkin sudah merasakan gerakannya dengan jelas.
Minggu ke 24: Berat bayi Anda sudah sekitar 750 gram, sehingga gerakannya sudah lebih sering dan kuat.
Minggu ke 28: Bayi akan lebih sering bergerak, semakin kuat hingga dapat menimbulkan sedikit nyeri atau kesulitan bernafas bagi ibu.
Minggu ke 36: Rahim ibu sudah semakin sempit karena bayi sudah tumbuh semakin besar, sehingga gerakannya pun semakin berkurang.

1 comment:

  1. Selamat siang, perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    5. Mempermudah Claim Asuransi.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
    More info
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026505
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mahkota.surabaya.9/?fref=ts
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    ReplyDelete