Saturday, December 24, 2011

Stretch mark


Stretchmark (striae gravidarum) biasanya muncul setelah terjadi kenaikan atau kehilangan berat badan secara drastis. Stretch mark sangat umum terjadi pada wanita hamil karena adanya perubahan berat badan dan kenaikan jumlah hormon steroid secara drastis. Pada dasarnya, jika ibu Anda memiliki stretch mark, maka Anda pun akan mengalaminya, karena penelitian telah membuktikan adanya faktor genetik.
Stretch mark awalnya muncul seperti gurat atau garis-garis kemerahan, merah kecoklatan, coklat tua atau keunguan (tergantung warna asal kulit Anda), lalu selanjutnya akan berubah berwarna keputihan atau keperakan. Perawatan untuk menghilangkan stretchmark relatif sulit dan mahal, oleh karena itu pencegahan merupakan upaya terbaik.
  • Hindari kenaikan atau kehilangan berat badan secara drastis, dengan mengatur pola makan atau diet sehat
  • Oleskan cream stretch mark atau pelembab pada bagian-bagian tubuh yang mulai meregang, seperti payudara, perut, pinggang, pinggul, pantat, paha, lengan atas, dsb. Kulit akan menjadi lebih licin, dan elastis ketika meregang jika kelembabannya dijaga.
  • Cobalah cream stretch mark yang mengandung cocoa butter atau shea butter (baca komposisi pada label) sebagai bahan utamanya. Oleskan 3-4 kali sehari, pijat perlahan agar cream dapat meresap sempurna. 
Sangatlah penting untuk segera melakukan perawatan/ penanganan sedini mungkin ketika stretch mark muncul, yaitu ketika masih berwarna kemerahan. Cara menghilangkan atau mengurangi intensitas stretch mark dapat dilakukan dengan berbagai jenis cream stretch mark, produk kosmetik lain, maupun dengan teknologi laser. Prinsip dasarnya adalah mengembalikan atau meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas pada kulit. Untuk ibu hamil dan menyusui, pilihlah produk-produk alami yang aman, misalnya produk berbahan dasar minyak kulit gandum, cocoa butter, glycolic acid, vitamin C, dll. Hindari penggunaan produk yang mengandung retinoid/ retinol pada wanita hamil atau menyusui. Sekarang ini sudah ada teknologi laser yang dapat mengurangi intensitas stretch mark kemerahan maupun yang sudah berwarna keputihan. Konsultasikanlah dengan ahli kulit untuk penanganan dan pengobatan yang aman dan efektif. Bagaimanapun juga, para dokter dan ahli kulit mengatakan bahwa stretch mark bersifat permanen dan tidak bisa sepenuhnya dihilangkan, walaupun tetap ada cara untuk merawat dan mengurangi intensitasnya.

No comments:

Post a Comment