Thursday, December 29, 2011

Tanda kehamilan awal (bagian I)


Anda sedang menanti-nanti kedatangan seorang janin dalam kandungan? Menstruasi Anda sudah terlambat dari tanggal biasanya? Atau Anda curiga bahwa Anda sedang hamil? Perhatikanlah baik-baik sinyal-sinyal dari tubuh Anda sendiri. Perubahan hormon karena kehamilan akan mempengaruhi fisik tubuh lebih cepat bahkan ketika hasil test pack masih negatif. Namun beberapa tanda-tanda kehamilan memang juga terjadi menjelang menstruasi (pra menstruasi sindrom) seperti payudara yang mengencang atau perut membesar. Jika Anda mengalami sebagian besar dari gejala-gejala kehamilan di bawah ini, maka mungkin saja bukan mestruasi Anda yang terlambat, tetapi seorang janin telah tumbuh di dalam rahim Anda.

Payudara kencang/ membesar. Gejala ini adalah yang paling sering ditemui pada wanita hamil karena jaringan pada payudara sangatlah sensitif terhadap perubahan hormon. Ketika sel telur dibuahi, hormon progesteron dan hCG pada wanita meningkat drastis sehingga volume darah mengalir pun meningkat. Inilah yang menyebabkan payudara bengkak dan terasa lebih berat/ padat dibanding biasanya.

Pegal/ kram. Rasanya hampir mirip seperti gejala pra menstruasi, di mana pegal-pegal atau kram terasa pada beberapa bagian tubuh, terutama sekitar pinggang, pinggul dan perut. Hal ini disebabkan oleh peristiwa menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim. Jika Anda merasakan gejala ini, bisa jadi rahim Anda sudah mulai membesar sekarang, mempersiapkan ruang bagi janin yang sedang tumbuh.

Flek. Pada saat penempelan sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim, 25% wanita hamil mengalami pendarahan ringan/ sekedar flek. Jika ini terjadi sebelum menstruasi atau intensitasnya berbeda dari biasanya, maka bisa saja Anda sedang hamil.

Kelelahan. Pada 2 minggu pertama kehamilan, energi Anda terkuras lebih banyak untuk pertumbuhan janin, sehingga tanpa disadari Anda akan merasa lebih mudah capek, selalu mengantuk, letih dan lesu.

Penggelapan pigmen pada putting. Apakah Anda mengamati perubahan pada area payudara? Hormon kehamilan juga mempengaruhi sel warna pada putting, sehingga menjadi lebih gelap.

Bersambung...

No comments:

Post a Comment