Tuesday, December 20, 2011

Tips mengatasi kurang tidur (Bagian I)


Ketika bayi Anda lahir, waktu tidurnya pun belum teratur, sehingga seringkali membuat Anda terbangun di tengah malam dan menjadi kurang tidur. Terkadang Anda tidak menyadarinya, namun hal itu sungguh merusak hari Anda. Berikut adalah beberapa tanda Anda kurang tidur dan tips ringan untuk mengatasinya dalam jangka pendek untuk melewati hari-hari Anda yang sibuk.

1. Melewati bunyi alarm. Anda sering bangun pagi hanya untuk mematikan alarm kemudian kembali tidur.

Tips: Besarkan volume alarm dan letakkan di tempat yang jauh dari tempat tidur, sehingga Anda perlu bangun untuk mematikannya. Pasang alarm pada jam Anda harus bangun atau 5-10 menit sebelumnya. Memasang alarm jauh sebelum waktu yang seharusnya (misalnya 30 menit sebelumnya) dan terus menerus memencet tombol snooze, hanya akan mengganggu waktu tidur Anda yang berharga.

2. Merasa letih dan lesu sepanjang hari ketika beraktivitas dan terasa berat untuk melakukan sesuatu.

Tips: Minumlah kopi di pagi hari, bukan setelah jam makan siang, sehingga tidak mengganggu tidur Anda di malam hari. Kafein dapat membantu Anda bertahan melewati hari. Namun ingatlah untuk membatasi konsumsi kafein jika Anda masih menyusui. Minumlah air putih dingin di siang/sore hari jika Anda masih merasa mengantuk, dan tidurlah lebih awal di malam hari.

3. Susah berkonsentrasi/ fokus dalam bekerja
Tips: Cobalah mengatur ulang pekerjaan Anda, dengan mengerjakan terlebih dahulu tugas yang sulit di pagi hari (ketika Anda relatif lebih segar) dan pekerjaan yang lebih mudah di siang-sore hari. Atau jika memungkinkan, tundalah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi keesokan harinya, dan lewati hari ini dengan pekerjaan yang lebih mudah.

4. Ketiduran selama meeting
Tips: Bukalah jendela ruangan (jika memungkinkan) atau keluarlah sebentar untuk menghirup udara segar atau percikan air dingin ke wajah. Sediakan segelas air dingin di dekat Anda. Jika memungkinkan, tidurlah selama 15 menit ketika ada istirahat di tengah meeting, dan mintalah teman untuk membangunkan Anda. Bagaimanapun juga tidur adalah solusi yang paling tepat untuk mengecas kembali energi Anda.

No comments:

Post a Comment