Saturday, January 7, 2012

5 tips meningkatkan stamina setelah lelah mengurus anak


Dengan kehadiran bayi di tengah-tengah Anda pasti memberikan warna baru yang menyenangkan. Namun ada kalanya juga Anda harus menikmati bergadang semalaman ketika bayi rewel sehingga pagi harinya pun mata serasa menempel dan ingin terpejam. Lalu bagaimana dengan aktivitas yang harus dilakukan hari ini? Berikut adalah tips-tips yang patut dicoba untuk mengembalikan energi Anda kembali, minimal untuk melewati satu hari ini saja.


Bergeraklah
Ajak bayi Anda berjalan-jalan di sekitar rumah dengan stroler/ kereta dorong bayi. Dengan bergerak aktif, aliran darah pun akan meningkat, mengembalikan energi, dan membantu merangsang pikiran positif Anda. Selain itu, pergerakan yang aktif juga merangsang produksi hormon endorphin, yaitu hormon “mood bagus” yang dapat memperbaiki mood dan menghilangkan stres.

Carilah sinar matahari
Penelitian telah membuktikan bahwa paparan sinar matahari dapat mempengaruhi siklus tubuh dan memberi tanda bahwa “inilah saatnya bangun tidur”. Bukalah jendela rumah, biarkan sinar matahari dan udara segar masuk ke dalam ruangan. Atau jika memungkinkan, berjalan-jalanlah 10-15 menit di bawah sinar matahari minimal 2x seminggu untuk membantu tubuh mendapatkan vitamin D. Vitamin ini membantu penyerapan kalsium, yaitu mineral yang membantu pembentukan tulang yang kuat dan sangat dibutuhkan oleh wanita.

Nyalakan musik
Suara memiliki efek yang kuat terhadap tingkat energi dan emosi seseorang. Itulah sebabnya setiap orang pasti memiliki lagu atau musik favoritnya masing-masing, bahkan bisa menari jika mendengarkannya. Oleh karena itu buatlah daftar lagu favorit yang dapat meningkatkan mood dan energi di music player Anda. Putarlah setiap saat Anda memerlukan dorongan energi lebih ketika lelah.

Bergaul dengan orang yang bersemangat tinggi
Pilihlah orang yg ceria dan bersemangat tinggi untuk bergaul hari ini. Secara tidak langsung, energi yang terpancar dari mereka dapat meningkatkan energi Anda juga. Mulailah dengan komunitas kegiatan Anda, misalnya kelas yoga, arisan, dll. Seraplah energi positif dari mereka sebanyak-banyaknya.

Cemilan sehat
Pilihlah cemilan sehat favorit untuk menemani hari Anda dan menambah energi secara fisik. Jeruk mengandung vitamin C dan serat tinggi yang dapat mengembalikan stamina. Minumlah banyak air, atau sedikit kafein lewat cemilan coklat. Hindari makanan yang diproses terlalu lama atau terlalu asin, karena dapat memperparah lelah dan lesu Anda.

Selamat mencoba…

No comments:

Post a Comment