Thursday, January 5, 2012

Pengaruh kehamilan (bagian II)

6. Hemorhoid (ambeyen)

Hemoroid atau ambeyen merupakan pembengkakan pembuluh darah vena di daerah anus, yang menyebabkan rasa gatal perih atau bahkan berak berdarah. Beberapa wanita mengalaminya pertama kali ketika hamil.

7. Kulit gatal

Rasa gatal biasanya muncul di daerah sekitar perut dan payudara karena kulit yang meregang. Kulit kering, alergi makanan tertentu dapat memperparah gatal yang dirasakan. Namun jika sudah menjadi sangat parah, segeralah konsultasikan ke dokter atau ahli kulit, karena bisa saja merupakan tanda masalah pada kehamilan.

8. Mimisan

Mimisan atau hidung berdarah juga dapat terjadi pada ibu hamil karena peningkatan tekanan pembuluh darah di hidung. Pembuluh darah pada hidung sangatlah tipis sehingga mudah pecah akibat peningkatan tekanan darah.

9. Pembengkakan

Normal-normal saja jika ibu hamil mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, misalnya wajah, kaki, tangan, dll. Tubuh wanita hamil menyimpan lebih banyak air, selain itu perubahan pada komposisi darah menyebabkan cairan tubuh ada yang masuk pada jaringan tubuh. Namun terkadang pembengkakan dapat menjadi sinyal adanya komplikasi pada kehamilan.

10. Infeksi jamur

Pada keadaan normal, wanita selalu memiliki jamur di alat kelamin dalam jumlah tertentu. Hormon estrogen yang tinggi menyebabkan jamur tumbuh lebih cepat dan mudah. Untuk menghindarinya, jagalah kebersihan area intim dengan membersihkan benar-benar sesudah buang air, serta menjaganya tetap kering.


No comments:

Post a Comment