Tuesday, January 3, 2012

Kebutuhan asam folat


Ketika seorang wanita sedang merencanakan kehamilan, dokter biasanya akan merekomendasikan konsumsi asam folat, baik dari asupan makanan ataupun suplemen. Jumlah yang disarankan adalah 400 mikrogram atau 0,4 mg per hari. Asupan asam folat minimal 1 bulan sebelum kehamilan dapat mengurangi resiko kelainan sel saraf hingga 70%.

Selama kehamilan, dosis yang direkomendasikan meningkat menjadi 0,6-0,8 mg per hari. Asam folat sangatlah penting dalam pembentukan sel darah merah serta perkembangan sel saraf dan otak janin. Namun kebutuhan tiap wanita dapat berbeda, misalnya jika Anda memiliki sejarah keluarga yang menderita kelainan sel saraf, maka minimal dibutuhkan asam folat 4 mg per hari. Konsultasikanlah kepada dokter kandungan Anda.

Suplemen asam folat untuk kehamilan dapat diperoleh di apotik meskipun tanpa resep dokter. Atau Anda bisa mengkonsumsi multivitamin Anda sendiri, namun perhatikanlah kandungan vitamin A (RAE) agar tidak melebihi 0,77 mg per hari, kecuali jika kandungannya adalah beta karoten. Vitamin A tertentu (RAE) yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kelainan pada janin yang dilahirkan.

Asam folat adalah suplemen yang larut dalam air, sehingga tubuh akan membuangnya jika ada asupan berlebih. Pada sebagian wanita, asam folat berlebih dapat menyamarkan gejala kekurangan vitamin B12, terutama pada vegetarian. Konsultasikanlah dengan dokter atau ahli kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment