Saturday, January 28, 2012

Nutrisi ASI (Bagian II)

Laktosa
Laktosa merupakan gula yang banyak terdapat dalam ASI , 20-30% lebih banyak dibandingkan susu sapi, sehingga rasanya pun lebih manis dan segar. Sedangkan susu formula menggunakan sirup jagung untk sumber laktosanya. Otak bayi membutuhkan gula berkualitas seperti galaktosa (salah satu anggota laktosa) untuk perkembangan sistem saraf pusat. Laktosa juga membantu penyerapan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang. Laktosa juga merupakan gula alamiah yang dibutuhkan usus untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang berguna seperti Lactobacillus bifidus.

Vitamin, mineral, dan zat besi
Makanan yang bernilai gizi tinggi bukanlah makanan yang mengandung jumlah gizi tinggi, namun jumlah yang diserap melalui usus ke aliran darah. Vitamin, mineral, dan zat besi dalam ASI diserap sebagian besar oleh usus bayi dan hanya terbuang sedikit. Sebanyak 50-70% zat besi ASI dapat masuk ke darah dan jaringan bayi, sedangkan hanya 10% zat besi susu sapi dan 4% zat besi susu formula yang dapat diserap usus bayi. Kelebihan gizi yang tidak dapat diserap melemahkan sistem pembuangan sisa makanan pada bayi sehingga bayi membutuhkan energi lebih untuk metabolismenya. Selain itu, banyaknya gizi yang tidak diserap membuat kacau ekologi usus sehingga bakteri berbahaya bisa berkembang. Sebagai tambahan, vitamin C tinggi yang terkandung dalam ASI juga membantu penyerapan zat besi.

Bagaimana? Anda sudah semakin yakin bahwa ASI adalah yang terbaik untuk bayi Anda bukan? Yuk galakkan pemberian ASI pada bayi.

No comments:

Post a Comment