Wednesday, January 18, 2012

Pembengkakan kaki (edema) pada ibu hamil (Bagian I)


Mengapa pergelangan dan kaki ibu hamil membengkak?

Di dunia medis, pembengkakan yang dialami ibu hamil disebut dengan istilah edema, yaitu ketika cairan berlebih terkumpul di jaringan otot, terutama pada pergelangan kaki, telapak kaki, dan mungkin bengkak ringan di tangan. Edema sering terjadi pada usia kehamilan trimester ke tiga, terutama pada sore/malam hari. Terkadang pembengkakan menjadi lebih parah pada cuaca panas.

Pada wanita hamil, pembengkakan pada tahap tertentu sangatlah normal terjadi mengingat tubuh menyimpan lebih banyak air. Perubahan pada komposisi darah juga menyebabkan cairan menyelinap ke dalam jaringan lebih banyak. Selain itu, rahim yang sedang membesar akan menekan pembuluh darah vena di daerah panggul dan pembuluh vena utama di tubuh bagian kanan. Tekanan tersebut menyebabkan kembalinya darah dari kaki ke jantung menjadi lebih lambat, sehingga memaksa cairan dari vena masuk ke jaringan otot di pergelangan dan telapak kaki.

Oleh karena itu, untuk mengurangi tekanan pada pembuluh vena, ibu hamil bisa berbaring miring ke kiri, sehingga tidak menekan pembuluh vena utama pada tubuh bagian kanan. Setelah persalinan, bengkak yang dialami akan menghilang relatif cepat seiring dengan dibuangnya cairan berlebih dari tubuh. Ibu akan menjadi lebih sering buang air kecil dan banyak berkeringat pada hari-hari awal setelah melahirkan.

Jika Anda mengalami pembengkakan secara tiba-tiba, sangat parah, atau bahkan terjadi pembengkakan pada daerah muka dan mata, melebihi bengkak ringan pada tangan, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau bidan Anda, karena bisa saja hal itu merupakan tanda awal dari pre-eclampsia yang lebih serius daripada sekedar edema.

Bersambung…

No comments:

Post a Comment