Wednesday, February 15, 2012

Diet pembangkit mood pasca persalinan (Bagian II)

Minum banyak air 
Kelelahan dan kecemasan merupakan tanda-tanda dari dehidrasi ringan. Untuk menghindari terjadinya dehidrasi, minumlah minimal 8-10 gelas air per hari dan jangan tunggu sampai terasa haus. Ketika Anda telah merasa haus, maka dehidrasi ringan sebenarnya telah berpengaruh dalam membentuk suasana hati Anda. Konsumsi cairan yang cukup secara khusus sangatlah penting pada ibu menyusui. Minumlah segelas besar air putih, jus buah, atau teh herbal sebelum mulai menyusui bayi, agar ibu tidak sampai kehausan dan mengalami dehidrasi.

Batasi asupan kafein

Satu atau dua cangkir kopi di pagi hari dapat membantu membangkitkan energi dan semangat ibu setelah banyak begadang di malam hari. Namun konsumsi minuman berkafein sepanjang hari untuk menghilangkan rasa kantuk, malah dapat membuat ibu merasa gundah dan tidak dapat tidur di malam harinya. Kafein telah diketahui secara jelas merupakan senyawa yang patut disalahkan untuk kecemasan berlebih. Selain itu dapat menyebabkan orang menjadi mudah marah, dan tidak dapat beristirahat dengan baik. Bagi ibu menyusui, disarankan membatasi konsumsi kafein 300 mg per hari (sekitar 2-3 cangkir kopi) untuk menghindari efeknya pada bayi.

Ingin yang manis-manis? Pilihlah coklat hitam
Ketika ibu merasa lelah dan membutuhkan energi instan, makanan cepat saji biasanya akan sangat menggoda karena mudah didapatkan. Tapi cobalah tahan keinginan itu, karena makanan cepat saji hanya akan memberikan energi sementara saja dan Anda akan cepat lapar kembali, selain nutrisinya yang kurang baik bagi ibu. Pilihan alternatif yang tepat untuk mendapatkan energi instan adalah coklat hitam (dark chocolate), karena kandungan kakao yang tinggi (70% atau lebih) dapat meningkatkan jumlah hormon serotonin di dalam otak sehingga dapat meningkatkan mood dengan cepat. Selain itu konsumsi coklat juga dapat merangsang hormon endorphin yang bertanggung jawab terhadap efek euforia (hati senang).

Bersambung...

No comments:

Post a Comment