Thursday, February 16, 2012

Diet pembangkit mood pasca persalinan (Bagian III)

Tetap konsumsi vitamin kehamilan
Vitamin atau suplemen memang bukan pengganti pola makan sehat yang kaya sayur dan buah. Namun di masa awal setelah persalinan, sebagian ibu mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizinya dengan lengkap. Jadi tetaplah konsumsi multivitamin kehamilan Anda yang mengandung zat besi lebih banyak dibanding vitamin biasa. Zat besi sangatlah penting untuk pemulihan setelah persalinan, apalagi jika melalui operasi caesar. Rendahnya kandungan zat besi dalam darah dapat menyebabkan mudah lelah, letih dan lesu. Antioksidan, seperti vitamin A, C dan E juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak sehingga berpengaruh dalam membangun mood baik ibu.

Perhatikan nafsu makan
Pada minggu-minggu awal mengurus bayi, masih normal jika ibu terpaksa harus melewatkan makan atau lupa makan dengan teratur karena kesibukannya. Namun jika ibu menyadari bahwa ibu jarang merasa lapar dan harus memaksa diri dengan keras untuk makan, bisa jadi ini adalah salah satu gejala dari depresi pasca persalinan. Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan ketidakstabilan kadar gula dalam darah, yang berpengaruh pada mood atau suasana hati. Cobalah konsultasikan dengan ahli gizi tentang kehilangan nafsu makan tersebut.

Jika cara-cara di atas tidak membantu sama sekali dan Anda menangkap gejala-gejala yang mengarah pada depresi pasca persalinan, segera hubungi dokter dan konsultasikan dengannya. Depresi pasca persalinan merupakan kondisi serius yang membutuhkan penanganan yang tepat di luar pola makan sehat dan teratur. Gejala-gejala yang ditimbulkan dapat berupa susah tidur/ insomnia, perubahan drastis nafsu makan, kesedihan berlebihan sepanjang hari, atau bahkan pikiran untuk melukai diri sendiri/ bayi. Jadi jangan ragu atau malu untuk segera menghubungi dokter yang Anda percayai untuk segera mendapatkan penanganan tepat.

No comments:

Post a Comment