Monday, February 13, 2012

Tipe-tipe kepribadian bayi ketika menyusu (Bagian III)

Pemilin/ pemutar 
Bayi usia 6 atau 9 bulan senang memilin atau memutar-mutar payudara ibu dengan bagian atas tangannya, sambil terkadang memainkan tangannya di wajah ibu. Hal yang perlu dibatasi ibu adalah bila bayi memutar-mutar puting susu ibu yang satunya. Awalnya ia hanya menyentuh atau menggenggam, namun lama kelamaan ia akan mulai memutar-mutarnya, cegahlah kebiasaan ini sejak awal.

Pesenam
Ketika ibu dan bayi sudah mulai tenang dalam posisi penyusuan, tiba-tiba saja bayi mulai menendang-nendangkan bagian atas kakinya, seakan-akan menjaga irama hisapannya. Bahkan bayi seringkali berputar-putar hingga 180 derajat tanpa melepaskan isapannya dan mencoba semua gerakan. Cobalah cara menyusui sambil menggendong, kempit badan bayi, selipkan kakinya di antara lengan dan badan ibu sehingga ia tidak dapat banyak bergerak ketika menyusu.

Penerkam
Tipe bayi ini ditemui pada usia batita (bawah tiga tahun) yang masih menyusu ASI langsung dari ibu. Bayi yang sudah mulai berjalan dan berlarian ke sana ke mari menikmati waktunya untuk bermain dan berkeliling di rumah. Suatu ketika ibu sedang duduk di sofa tempat biasanya bayi menyusu, dan bayi tiba-tiba datang menerkam payudara ibu dan menyusu. Dari sudut pandang bayi, posisi ibu duduk di tempat favorit menyusunya dapat memicu keinginannya untuk menyusu dan berada dalam dekapan ibu yang nyaman. Jika ibu hendak menyapih bayi, maka hindarilah berada di tempat-tempat menyusu favoritnya, sehingga bayi tidak teringat akan kenangan itu.

Tipe yang manakah bayi Anda saat ini? Bisa jadi satu atau kombinasi dari beberapa kepribadian yang diuraikan di atas. Dan dalam beberapa bulan bisa saja kepribadian menyusu bayi berubah lagi seiring dengan pertumbuhan dan kebutuhannya. Nikmatilah setiap masa-masa itu sebagai pengalaman yang menarik, karena masa penyusuan bayi Anda hanyalah sebentar dan akan berlalu dengan cepat tanpa Anda sadari.

No comments:

Post a Comment