Tuesday, February 7, 2012

Teknik pemberian susu ganda: menyusui langsung dan memberi botol

ASI telah diketahui secara luas bahwa gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya merupakan makanan terbaik bagi bayi. Ketika ibu harus kembali bekerja, keputusan untuk memperpanjang pemberian ASI pun seringkali tetap dipilih untuk memberikan manfaat kesehatan bagi bayi, di samping tetap menjaga hubungan batin antara ibu dan bayi. Ketika ibu bekerja, maka ASI dalam botol akan memenuhi kebutuhan bayi, sedangkan ketika ibu di rumah maka penyusuan langsung dapat dilakukan. Berikut adalah beberapa kiat yang dapat membantu secara teknis bagaimana memberikan susu secara langsung dan dengan botol secara bergantian.


Pilihlah dot yang paling menyerupai bentuk areola dan puting ibu. Dot dengan alas lebar, mengerucut secara bertingkat akan menyerupai puting susu ibu ketika tengah dihisap oleh bayi. Untuk memudahkan transisi dari payudara ke botol, gunakan dot dengan aliran perlahan untuk membiasakan bayi dan menghindari tersedak.

Doronglah bayi untuk menghisap dengan cara yang sama seperti ketika ia menghisap puting susu ibu. Usahakan bayi membuka lebar mulutnya, menekuk bibirnya ke luar, menghisap mulai dari dasar dot yang lebar dan bukan hanya di ujung dot. Hal ini untuk membiasakan bayi menggunakan teknik yang sama ketika menyusu dari payudara ibu sehingga bayi dapat memperoleh aliran susu yang baik dan puting ibu pun tidak terluka.

Gunakan botol yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat membiarkan udara keluar saat bayi menyusu. Karena ketika beralih dari payudara ke botol, sebagian bayi menelan banyak udara, sehingga pemilihan botol yang tepat akan meminimalkan kemungkinan tertelannya udara.

Ciptakan suasana penyusuan yang kondusif seperti ketika menyusu langsung dari payudara ibu. Misalnya ada bayi yang menyukai menyusu sambil digendong atau diajak berinteraksi melalui kontak mata maupun secara verbal. Tunjukkan kepada orang yang memberikan susu botol (misalnya pengasuh) cara atau kondisi yang biasa diterapkan ibu ketika menyusui langsung bayinya. Dengan demikian bayi pun merasa lebih nyaman seperti disusui langsung oleh ibu.

No comments:

Post a Comment